Close-Up Interview: Peri Hutan

Kyaaa, telat nge-post!!!

(Semoga dimaafkan. Ini aja nyolong waktu makan di tempat kerja *curcol*)

Masih dalam suasana ulangtahun Bebi alias BBI alias Blogger Buku Indonesia, kali ini saya akan berbagi cerita tentang Close-Up Interview.

Ide dari Close-Up Interview sendiri adalah untuk membangun keakraban di antara para anggota BBI. Peserta diwajibkan untuk melakukan wawancara kepada target yang sudah ditentukan oleh penanggungjawab (dalam hal ini, Mbak Mia :D)

Sebagai member baru, saya sedikit gugup juga saat memutuskan ikut CUI. Untunglah saya mendapatkan ‘jatah’ untuk melakukan wawancara dengan Mbak Sulis atau lebih dikenal dengan julukan ‘Peri Hutan’.

Ternyata Mbak Sulis ini ramah, lho. Dia bahkan baik banget, rajin mengingatkan saya untuk tidak lupa mengirimkan daftar pertanyaan. Supaya tidak kelewat dari tenggat waktu 😀

Sedikit cerita nih, saat saya sedang membuat draft pertanyaan untuk Mbak Sulis di handphone, draft pertanyaan tersebut malah terkirim ke Mbak Sulis! Duh, itu malu banget. Untung Mbak Sulis menanggapi dengan santai.

Dan saat akhirnya daftar pertanyaan ‘resmi’ saya kirimkan pun, jawabannya cepat dikirimkan. Tidak sampai satu jam, padahal saya kirim daftar pertanyaan saja sudah agak malam.Duh, kalau target wawancara selalu menyenangkan seperti ini, mungkin saya akan mempertimbangkan profesi wartawan *khayalan-tingkat-tinggi*

Berikut cuplikan wawancara saya dengan Mbak Sulis a.k.a Peri Hutan:

1. Siapa nama lengkap Kakak? Biasa dipanggil apa?
>> Nama lengkapku Sri Sulistyowati, hehehe jadul yak tapi aku bangga kok soalnya ada nama orangtuaku di dalamnya dan artinya bagus 🙂 Biasa dipanggil Sulis tapi kalo teman kerja suka manggil aku dengan sebutan “Sule” entah darimana terbersit nama itu padahal tampangku kan nggak mirip Sule –“
2. Kenapa memilih “Peri Hutan” sebagai semacam ‘julukan’?
>> Sebelumnya pernah aku singgung di salah satu reviewku. Pertama terispirasi dari novelnya Sitta Karina yang berjudul Imaji Terindah, berikut aku kasih quotenya:

“Peri hutan, karena gerak geriknya nempak begitu bebas. Tidak terkungkung oleh apapun dan siapapun. Dan sekelebat keinginan Chris saat ini adalah memilikinya. Walau ia tahu, pada cerita-cerita klasik Eropa, peri hutan adalah makhluk yang bebas, tidak untuk dimiliki. Ia adalah teman siang dan malam, serta sahabat leprechaun yang nyanyiannya akan menyejukkan hati bagi siapa pun yang mendengarnya.”

Aku ngerasa kepribadianku mirip dengan peri hutan, yaitu suka kebebasan maka dari oleh karena sebab itu langsung deh aku pake sebagai id di dunia maya. Ada yang bilang kalo peri hutan dalam bahasa Rusia itu berarti Mafka yang mempunyai karakter: ceria, kuat dan suka menolong :D. Ada yang bilang lagi kalo nama peri hutan itu bawa hoki :p

 

3. Dimana domisili Kakak?

>> Aku asli Sragen, cuman dulu sempat kuliah di Solo terkenalnya aku dari Solo, kalo sekarang menetap di Sragen, karena sulit meninggalkan tempat lahir dan kerjaan, tapi aku juga sering ke Solo karena jarak Sragen-Solo cuman sejam, jadi nggak begitu sulit kalo mau kopdar :))
4.Kapan Kakak mulai senang membaca?Ceritakan dong,awal cinta sama buku tuh seperti apa 🙂
>> Jaman kecil aku jarang baca, mulai suka baca itu kelas 6 SD dan itu pun baca majalah, sempat sih beberapa kali baca buku, salah satunya adalah novel Masih Ada Kereta yang Akan Lewat – Mira W, buku punya abah yang nasipnya terbengkalai trus aku simpen. SMP aku mulai tertular deman komik sama temenku, Imadoki, Gundam Seed, Oh My Darling, banyak lagi deh cukup maniak dulu, suka banget sama komik karyanya Watase Yuu. Makin dewasa aku makin meninggalkan komik walau masih sesekali baca. Trus SMA aku kena demam teenlit juga, Teenlit pertama yang aku baca itu Fairish dan langsung menjadikan Esti Kinasih sebagai penulis teenlit favorit, waktu SMA belum terlalu banyak baca buku cuman modal cumi teman sama sesekali dibeliin kakak, lebih sering nonton film (yang sekarang malah jarang banget). Mulai gilanya baca itu waktu kuliah, mungkin karena bosan dengan pelajaran yang itu-itu aja aku sering lari ke rental buku dan film, pinjam buku karena nggak mampu beli buku (maklum anak kos, yang akhirnya menjadi ordobuntelan :p). Sudah deh, sejak saat itu aku nggak bisa berhenti baca.
5.Apa genre buku yang menjadi kesukaan Kakak?
>> Romance dan Fantasy, sekarang lagi perluasan genre jadi semua genre terbuka untuk dibaca, cukup menikmati buku yang berbau dark dan historical fiction juga.
6. Apa judul buku kesukaan kakak?
>> Waduh banyak, contoh salah satu yang favorit ya yaitu Titanium-nya Sitta Karina, sifat titanium yang keras dan tidak mudah dipatahkan sama seperti karakter tokoh cowok utamanya. Menurutku, judul itu harus berhubungan dengan isi ceritanya, dan judul ini sesuai banget.
7.Siapa penulis kesukaan Kakak?
>> Banyak, contohnya adalah Sitta Karina, aku punya hampir semua bukunya (kecuali yang terbit dengan cover baru :p), Farida Susanty, aku suka gaya berceritanya yang suram, aku punya semua bukunya (bahkan aku punya dua buku Dan Hujan Pun Berhenti yang cover lama dan baru)
8.Apakah Kakak termasuk selektif dalam membaca buku atau senang membaca apa saja?
>> Lumayan, kalo buku dari penulis favorit aku pasti akan baca bukunya, selain itu aku akan pinjam atau kalo ada sekennya (maklum Kutu Bokek :p) aku beli dengan syarat review tentang bukunya lumayan bagus. Aku tidak terlalu suka dengan buku motivasi, memasak dan agama.
9. Apa yang membuat Kakak tertarik untuk bergabung dengan BBI?
>> Karena berisi orang-orang pecinta buku, serasa mempunyai faksi sendiri 😀
10.Sudah berapa lama menjadi member BBI?
>> Sejak BBI terbentuk, jadi sama dengan umur Bebi sekarang yaitu 2 tahun 😀
11. Kapan Kakak mulai menulis blog buku?
>> Kalo nggak salah ingat tahun 2010 apa 2011 ya, awalnya nulis iseng di blog Kutu Bokek yang lama (ah jadi kangen, damn you posterous!) campur sama tulisan nggak ‘ngenah’ lainnya. Trus kenal orang-orang yang suka baca di twitter, mereka ngajak gabung di komunitas yang mau dibentuk yaitu BBI (waktu itu rahib baru mendata blog buku yang ada). Trus ada @anadudunk dan @alletha yang tiba2 dm dan ngechat aku untuk gabung di grup BBI di fb yang waktu itu baru ada beberapa orang aja (yang sekarang seratusan, yeay!), sebelumnya ada yang nyaranin agar aku bikin sendiri blog buku (@htanzil, @melmarian, sama @balonbiru), awalnya nggak mau tapi karena pengen bergabung jadinya aku bikin deh kutubokek.posterous.com sebagai book blog trus karena kecintaanku sama genre romance aku buat lagi book blog khusus romance di kubikelromance.blogspot.com (kunjungin ya *malah promosi*)
12. Apakah Kakak punya blog lain, selain blog buku?
>> ada di mabokbaca.tumblr.com, jarang curhat sih disitu, seringnya buat reblog yang aku suka aja 🙂
13. Apa hobby kakak selain membaca buku?
>> tidur, soalnya selain kerjaan yang nyita waktu dan waktu baca yang sekarang sedikit tidak sama seperti jaman kuliah dulu sisanya aku pake buat tidur, sekali-kali jalan lah sama teman-teman :))
14. Apa 7 kata yang mendefinisikan Kakak?
>> simple, nggak mau repot, cuek, cekatan dalam bertindak, agak lemot, lucu, mudah bergaul dengan orang lain (maaf narsis :p)
15. Bagaimana kesan Kakak setelah bergabung dengan BBI?
>> seneng, teman bertambah banyak, bacaan jadi berwarna, bisa saling pinjam juga *nggak modal*
16. Apakah Kakak di BBI sebagai pengurus atau member biasa?
>> member biasa, kembali ke point 14 salah satu sifatku adalah nggak mau repot XD
17.Kalau member biasa, apakah mau bila nanti ditunjuk jadi pengurus? Kalau pengurus,apa yang membuat Kakak mau menjadi pengurus?
>> kayaknya nggak dulu deh, aku jadi pendukung aja soalnya aku nggak janji bakal bisa konsisten. Jadi koordinator GR Solo aja nggak ada kegiatan lain selain kopdar tiga bulan sekali, intinya aku nggak inovatif dan malesan :p
18. Apa harapan Kakak untuk BBI kelak?
>> Dikenal banyak sama masyarakat, menjadi acuan orang untuk membaca review anggota BBI dulu sebelum beli bukunya, menjadi Krikus reviewnya Indonesia dan buat anggotanya semoga saja semakin menganal satu sama lain 😀
19. Bagaimana Kakak melihat diri sendiri dalam 7tahun ke depan?
>> waduh kayak test kerja nih :p. Dalam tujuh tahun ke depan aku sudah menikah, bahagia dan punya anak yang unyu kayak ibunya, kemudian aku bisa mewujudkan book cafe yang selama ini menjadi impianku 😀 (Bisa mengartikan kepribadian aku kalau memilih jawaban seperti ini? :D)
20. Siapa orang paling berpengaruh dalam hidup Kakak?
>> Jang Geum tokoh sentral di drama kolosal Korea Jewel In The Palace, gara-gara dia aku jadi kepengen kerja di dunia kesehatan XD
21. Apa pendapat Kakak tentang: cinta,hidup dan buku?
>> Hidup itu tidak akan berarti tanpa cinta dan hidup akan sepi bila tidak ada buku. Dan buku tidak akan menarik tanpa kisah cinta 😀
22. Terakhir, siapa blogger buku indonesia yg paling kakak suka cara penulisan dan blog-nya? 😀
>> Banyak, tiap blogger punya ciri khas tersendiri dalam nulis review. Salah satu yang aku suka itu adalah blognya Bang Jody di sepetaklangitku.blogspot.com. Selalu update dan isinya informatif 😀
—-End of List—

Saya sempat minta beliau untuk bersedia menjawab kalau ada pertanyaan lebih lanjut dan disanggupi. Sayangnya, saya tidak punya waktu untuk bertanya lebih lanjut 😦

Berhubung Mbak Sulisnya sudah sedikit promosi tentang blog-nya, aku tambahin sedikit lagi ajaa ya..

Sepertinya Mbak Sulis belum nyebut blog-nya yang baru, so, please kindly follow her on:

http://blogperihutan.wordpress.com/

Psst, beliau senang memberikan giveaway terselubung lho! Jadi, silahkan pantau terus blog beliau ya 😀

Silahkan follow juga di twitternya: @peri_hutan

Lots of Love, ♥ ZP ♥

23 thoughts on “Close-Up Interview: Peri Hutan

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s