Wishful Wednesday [22]

Huaii..

Tahukah kamu, angka 22 adalah angka favorit saya? #hausperhatian #abaikan

Berhubung saya merasa angka 22 itu angka yang “GUE BANGET”, maka saya memutuskan untuk berbagi mimpi saya yang cukup personal pada WW ke-22 ini.

Saya selalu bermimpi untuk menulis buku sendiri. Bisa dilihat sih di page About the Writer di blog personal saya #sekalianpromosi

Nah, tapi masalahnya..

Saya merasa belum punya kemampuan yang cukup untuk menulis buku. Bahkan, untuk ikutan dalam kompetisi menulis saja saya merasa belum layak.

Selain itu, saya akui kalau saya suka enggak konsisten dalam menulis. Padahal, target saya adalah bisa rajin setidaknya menulis di blog seminggu sekali, tapi cuma kesampean pas WW aja 😦

Mungkin ada yang penasaran, kalau mau nulis buku, Zelie mau nulis buku seperti apa, sih? Rencananya sih buku yaa.. romance XD

Sempet kepikiran untuk menulis buku yang sedikit ada unsur fantasy, tapi sepertinya enggak cocok sama aku. Mau bikin yang petualangan semacam Lima Sekawan/Famous Five aja enggak berani.

Saya tergolong penulis yang berusaha membuat detail serapi mungkin. Tapi, itu juga yang menjadi batu sandungan karena saya cenderung semangat di membuat draft dan riset, tapi males banget mengeksekusi.

Selanjutnya, mungkin ada yang kepo, ‘berarti udah ada draft dong?’. Jawabannya adalah, BANYAK! XD

Bukannya sombong, tapi emang seneng banget mengkhayal sehingga udah bikin beberapa draft yang sebenernya udah detail. Cuma, balik lagi, too much excuses, sadar sendiri sih. Kayak jadi bingung mau mulai yang mana dulu, terus mulainya bagaimana, dan sebagainya.

Anyway, berhubung saya lagi baik hati, saya mau bikin giveaway kecil-kecilan di WW ke-22 saya ini. Caranya gampang aja, cukup jawab pertanyaan berikut ini:

Apa saran kamu supaya saya bisa jadi penulis yang baik?

Berikut beberapa informasi terkait dengan giveaway:

  • Menjawab pertanyaan di kolom komentar post ini
  • Akan dipilih dua orang pemenang untuk giveaway kali ini.

Pemenang pertama, hadiah -> buku pilihan senilai 50k

Pemenang kedua, hadiah ->buku Sweet Melody by Baek Myo

  • Domisili di Indonesia atau menggunakan alamat pengiriman di Indonesia
  • Berhubung ini adalah saran kamu buat saya, jadi pastinya keputusan saya adalah mutlak dan tidak bisa diganggugugat :p But, trust me, saya sangat menghargai kritik dan saran.
  • Pengumuman pemenang akan dilakukan pada WW berikutnya, yakni WW [23]

Nah, rasanya ini posting terpanjang saya untuk WW, ada wish-nya, ada curhatnya, ada giveaway-nya.

Semoga aja enggak diprotes sama pawangnya *lari*

Eh iya, sebelum saya lari, saya promosi dulu deh cara ikutan Wishful Wednesday:

  1. Follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu
  2. Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya!
  3. Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post Wishful Wednesday yang ada di blog Books To Share setiap minggunya). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
  4. Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu:D

Lots of Love, ♥ ZP ♥

26 thoughts on “Wishful Wednesday [22]

  1. Baca-baca saran di atas menurutku sudah sangat membantu. Kalau aku pribadi yang juga sedang proses jadi penulis, hmm… Chei udah ada draft, selain perlu kekonsistenan aku rasa Chei perlu memberanikan diri sendiri. Sering yg membuat kita terhambat selain malas, sibuk, nggak punya waktu, menurutku adalah kita sering merendahkan diri sendiri. Misal baru nulis satu bab, “Ah, apalah tulisan kacrut begini!” ehehehee aku sering alami itu. Aku setuju dengan apa yg pernah ditwit kak Christian Simamora: mending tulisan jelek yang udah terlihat nyata daripada tulisan bagus yang hanya ada di kepala. Artinya, keep going, motivate yourself that you can, seburuk apa pun tulisanmu menurutmu sendiri, yang penting kelarin aja dulu… baru selanjutnya minta masukan dari orang lain. Hehehe.. semoga bisa membantu sedikit. :*

    Like

  2. Cecilia Amanda

    Nama : Cecilia Amanda
    Email : fuqingqing@rocketmail.com

    1. Mulai menulis dari hal yang kita sukai.
    Walau idenya absurb tuliskan saja, karena kita akan lebih mudah mengembangkan ceritanya apabila idenya berasal dari lingkungan kita sendiri.

    2. Buat draft
    Agar kita tinggal menulis kalimat penjelas, dan agar kita tidak lupa ide yang kita telah susun sebelumnya. Namun, apabila imajinasi membawa kita lari dari topic asal tidak bertele-tele, itu tidak masalah, karena seringkali hal tersebut malah memperindah karya tulis kita.

    3. Jangan takut
    Tulis apa saja, tidak perlu merasa takut dan rendah diri

    4. Rajin membaca
    Rajin membaca dan mencari informasi, membuat kita lebih banyak mendapat kosakata baru dan ide. Walau tidak berhubungan dibaca saja. Karena terkadang kita akan mendapat ide yang tidak pernah kita pikirkan sebelumnya.
    Cth : Misalnya kita membuat novel tentang Vira, seorang gadis SMA yang ceria, kemudian kita mengalami writer block, dan kemudian tanpa sengaja kita membaca buku sejarah ttg Cut Nyak Dien, kita jadi mendapat ide kalau tokoh utama novel kita ternyata adalah cucu jauh Cut Nyak Dien, dan sekarang sang cucu harus melawan penjajah, namun bukan lagi Belanda (Penjajah dari bumi), melainkan penjajah dari Mars (planet luar bumi)

    5. Sedikit-sedikit menjadi bukit
    Kita bukan sedang UN, yang mengharuskan kita belajar SKS (Sistem Kebut Semalam), tulis saja ide-ide yang terlintas saat kita sedang mandi, makan, jalan-jalan, dll. Tentu pada saat senggang kita tidak mungkin membawa laptop dan mengetik, tulis saja ide-ide itu menjadi draft di sebuah notes kecil. Kemudian saat membuka computer tuangkan ide tersebut ditambah dengan imajinasi yang akan mempercantik kalimat yang kita tulis.

    6. Minta pendapat
    Minta pendapat pada orang-orang terdekat atau orang yang lebih berpengalaman, Tanya apa yang kurang atau apakah ada yang aneh. Perbaiki berdasarkan pendapat mereka, namun apabila ada bagian yangmenurut kamu membuat novelmu menjadi lebih buruk dari awalnya. Ikuti saja feeling-mu, jangan ikuti petunjuk itu, dan buat sesuai yang pertama sudah kamu buat. (NB. Walau tidak sesuai, demi kesopanan, iya-iyakan saja, paling nantinya tidak perlu diubah toh mau mengubah atau tidak ada di tanganmu sendiri)

    7. Refresing
    Jangan dipaksa apabila idemu sedang mampet. Seringkali saat santai justru ide akan mengalir seperti air

    8. Coba ke banyak penerbit
    Setelah selesai, bawa novel ke penerbit. Kalau langsung disetujui yah syukur, kalau tidak biasanya mereka akan memberi tahu dimana kekurangan novel kita tersebut. Perbaiki. Kemudian ajukan lagi ke penerbit. Baik penerbit yang sama ataupun penerbit yang lain.

    Like

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s