Book Review – The Enormous Crocodile [Terjemahan ID]

Si Buaya Raksasa
Si Buaya Raksasa

Judul: The Enormous Crocodile – Si Buaya Raksasa

Penulis: Roald Dahl

Ilustrasi: Quentin Blake

Alih bahasa: Poppy Damayanti Chusfani

Cetakan kedua, Mei 2006

Tebal: 64 hal.

ISBN: 978-979-22-2127-5

Okay, hal pertama yang ingin saya sampaikan adalah: Kenapa buku ini tidak terdaftar di Goodreads?

Bukan masalah besar sih, cuma saat saya sedang mencari gambar untuk cover, belakangan ini saya mengandalkan Goodreads. Jadi, rasanya bingung juga saat buku ini tidak ada di Goodreads.

Kemudian, saya berpikir lagi, mungkin karena buku ini sangatlah sederhana, tipis dan mungkin kebanyakan orang dewasa akan berpikir, “Untuk apa juga mereview buku ini?”

Sejujurnya, saya sendiri awalnya tidak tertarik untuk membaca buku ini. Meski saya mengaku pencinta Roald Dahl, masih banyak buku Dahl yang belum tersentuh oleh saya. Termasuk buku ini, sampai akhirnya saya pikir mungkin saya boleh mencoba membacanya.

Buku ini memang sangat cocok untuk anak-anak, mungkin sekitar umur 5 tahun ke atas. Kecepetan? Ah, setahu saya, anak sekarang sangat cepat untuk kemampuan membaca. Tapi,oke, mungkin bisa dimulai dari anak kelas 1 SD, sekitar umur 6 tahun.

Cerita di buku ini sederhana. Yah, karena memang ditujukan untuk anak-anak. Hanya saja, saya pribadi merasa sangat terhibur saat membaca buku ini. Seolah mengulang memori saya akan masa kanak-kanak, saat pertama kali membaca dongeng untuk anak.

Sekali lagi, Dahl selalu berhasil membuat saya menyesal tidak membaca karyanya sejak kecil. Well, better late than never, right? Setidaknya saya jadi punya keyakinan akan memberikan buku apa untuk anak saya baca kelak.

Bercerita tentang seekor buaya yang sangat licik -atau di sini disebut Si Buaya Raksasa. Suatu hari, ia berencana untuk menyicip menu baru yang tidak pernah dia coba sebelumnya, anak-anak. Si Buaya Raksasa yang serakah tersebut membual ke tiap hewan yang dia temui tentang rencananya tersebut. Terang saja, dia membuat kawannya marah dan jengkel. Sekaligus, merutuk niatnya yang tercela tersebut.

Tanpa diduga oleh si Buaya Raksasa -tentu saja dia tidak bisa menduga karena dia terlalu angkuh, menganggap dirinya hebat!- binatang yang lainnya sudah berencana untuk menggagalkan niat busuk tersebut. Rencana yang tentunya akan membuat si Buaya Raksasa menyesal seumur-umur!

Nah, Dahl tidak pernah gagal membuat saya terhibur dengan gaya berceritanya. Bahkan dengan cerita sederhana seperti ini, Dahl bisa menunjukkan kemampuannya tersebut. Nama-nama yang lucu dan mudah diingat, seperti si kuda nil Humpy-Rumpy atau burung Roly-Poly. Dahl juga menyelipkan semacam pantun di dalam cerita ini.

Yah, mungkin saya terlalu cinta pada Dahl, sehingga apapun yang dia tulis selalu membuat saya terhibur. Tapi, coba sendiri, deh! Lumayan buat pengisi waktu luang, enggak makan tempat pula karena tipis. Gambarnya pun okay, Mr. Blake gitu lho..

Ayo, dibaca biar makin kenal gaya cerita Dahl. Bisa juga buat kado ponakan atau sepupu yang masih bocah #bukan-promosi-berbayar

Lots of Love, ♥ ZP ♥

Rate: ♥ ♥ ♥ ♥

One thought on “Book Review – The Enormous Crocodile [Terjemahan ID]

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s