Book Review: Apa Golongan Darahmu?

PicsArt_1387804469523

Judul: Simple Thinking about Blood Type

Penulis: Park Dong Sun

Penerjemah: Achie Linda

Proofreader: Yuli Yono

Layout cover: @teguhra

Layout isi: Vanessa Fabiola & @teguhra

Penerbit: Haru

Tebal: 262 hlm.

ISBN: 978-602-77-422-53

Cetakan pertama, Desember 2013

“Tahu nggak sih kalau orang bergolongan darah itu orang-orang yang halus, tapi kaku dan taat pada peraturan? Atau tahukah kamu kalau golongan darah B itu orang-orang yang kreatif dan bebas?

Apa jadinya kalau mereka disatukan? Jangan-jangan, bisa terjadi pertengkaran!

Ternyata, selain perbedaan jenis kelamin, tempat tinggal dan kondisi ekonomi, golongan darah juga bisa menentukan perbedaan sifat kita, lho.

Meski sifat seseorang tidak bisa hanya dilihat dari golongan darahnya, semoga komik Simple Thinking about Blood Type ini bisa menghibur, sekaligus sedikit membantu kamu untuk memahami orang lain, ya!”

Saya bergolongan darah A, jadi harap maklum kalau kebanyakan hal yang saya sorot adalah pembahasan mengenai golongan darah tersebut.

Kesan pertama saya saat memegang buku ini adalah, bukunya berat. Bukan berat dalam arti susah dimengerti, tapi memang berat. Sepertinya pengaruh dari tebal kertasnya.

Kesan selanjutnya adalah, buku ini sepertinya akan menyenangkan dibaca karena saya suka dengan gambarnya. Garisnya tidak kaku dan gambarnya pun penuh warna.

Buku dimulai dengan pembahasan setiap golongan darah pada umumnya. Untuk bagian yang ini, saya cukup setuju dengan yang dijelaskan oleh penulis tentang golongan darah A.

Saya akan kutip bagian yang menurut saya paling tepat: “Sangat sabar dan baik hati. Juga..mudah sakit hati jika dibandingkan dengan golongan darah lain.”

Selanjutnya, karakter golongan darah A disebut pengecut, penyayang dan pendendam. Agak tidak cocok dengan kelebihan gol.A yang digambarkan di halaman berikutnya, “Tidak pendendam.” Lho? Jadi, pendendam atau tidak, nih? Mungkin ada hubungannya dengan sifat penyayang gol.A, membuatnya tidak bisa lama-lama mendendam. Hmm..

Terus, di bagian “Yang Membuat Golongan Darah Tertarik dengan Lawan Jenis”, sub-judulnya adalah ‘golongan darah A secara umum’, padahal itu membahas kelima golongan darah secara bersamaan.

Agak membingungkan, tapi enggak terlalu masalah juga, sih.

Saya suka cerita tentang “Pahlawan Golongan Darah”. Lucu! Saya ngakak saat baca peran golongan darah B dalam cerita tersebut. Penasaran? Harus baca sendiri 😀

Masih banyak lagi poin-poin yang dijabarkan oleh penulis dalam buku ini. Setiap poinnya saya rasa cukup menarik dibahas dan tidak seperti sedang membaca sebuah buku pengetahuan/science.

Memang terasa membaca komik yang kebetulan memberikan topik tertentu untuk dibahas.

Saat saya bercerita bahwa saya (akhirnya) sedang membaca buku ini, teman saya berkomentar kalau dia pernah tahu komik semacam ini. Pernah hits di internet. Hmm..sepertinya saya yang ketinggalan jaman. Tapi saya rasa tidak terlalu masalah selama saya tetap menikmati komik ini.

Oh ya, mengenai kebiasaan menyetir, saya sangat merasa mirip dengan golongan darah A yang dijabarkan oleh penulis 😛

Selain membahas tentang golongan darah, bab terakhir yang berjudul “Diary Bergambar si Cowok Gila” berisi cergam-cergam pendek yang campur aduk. Ada yang menyentuh hati, ada yang enggak jelas. Mungkin saya saja yang tidak terlalu mengerti

Diary 03 adalah bagian yang saya paling suka, begini katanya:

“Konflik banyak orang sepertinya berawal dari keserakahan terlalu berlebihan.

Keserakahan untuk menjadi lebih dari sekadar teman.

Keserakahan untuk tetap bersama orang-orang yang akan meninggalkannya.

Keserakahan untuk tetap berada di dalam hati seseorang.”

Sederhana dan menyentuh. Bikin saya penasaran, ini penulis ngutip orang lain atau mikir sendiri? Romantisnya 🙂

Buku ini sangat cocok dibaca saat sedang jenuh,bosan atau bahkan saat sedang stress, butuh hiburan. Bahasa yang ringan, pembahasan yang sederhana tapi menarik, gambar yang tidak membosankan, buku ini tepat banget untuk bacaan di kala senggang.

Will I read it again? Well..maybe 😀

Lots of Love, ♥ ZP ♥

18 thoughts on “Book Review: Apa Golongan Darahmu?

  1. Saya golongan darah B dan saya penasaran dengan cerita tentang “Pahlawan Golongan Darah” >.<

    Tapi… tapi… tapi… ah, nggak jadi ah *biar penasaran juga* 😆 *lalu ditendang kak Zell ke New Zealand*

    Like

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s