[Book Review] The Cat in the Hat

The Cat in the Hat
The Cat in the Hat

Judul: The Cat in the Hat

Penulis: Dr. Seuss

Bahasa: English

Format: e-book

Tebal: 61 hlm.

Tahun terbit: 1957

Saat saya membaca halaman awal buku ini, saya merasa cukup yakin bahwa saya pernah membaca buku ini sebelumnya, entah dimana tapi tidak sampai selesai.

Sempat melihat ada review buku ini dari teman BBI dan jadi penasaran pengen baca ulang. Kebetulan juga ternyata buku ini ada di timbunan ebook saya. Tidak sampai setengah jam, saya sudah selesai membaca buku ini.

Ya, tentu saja cepat karena buku ini benar-benar buku anak yang gambar lebih dominan dalam satu halaman daripada kata-kata. Tapi, justru itu yang menarik perhatian saya. Saya tidak terlalu yakin siapa yang menggambar ilustrasi untuk buku ini. Mengingat tidak ada catatan khusus, saya simpulkan bahwa Dr. Seuss sendiri yang membuatnya.

Bercerita tentang Dick dan Sally yang sedang bingung hendak melakukan apa. Mereka terjebak di dalam rumah karena di luar sedang hujan deras. Orangtua mereka pun sedang pergi.

Tahu-tahu saja muncul seekor kucing dengan topi yang besar. Ya, kucing itu melangkah masuk ke dalam rumah dan mulai melakukan kehebohan yang entah kenapa, tidak dicegah oleh Dick dan Sally. Hanya the fish in the pot yang sibuk mengoceh tapi tidak mendapat tanggapan berarti.

The Cat in the Hat bertingkah ingin menghibur Dick dan Sally yang merasa bosan. Tapi, segala atraksi yang dia lakukan malahan membuat kekacauan di rumah. The fish in the pot sudah mengatakan bahwa sebaiknya The Cat in the Hat diusir. Eh, malahan dia yang menjadi ‘korban’ untuk atraksi The Cat in the Hat yang pertama.

Gagal? Tentu saja.

Tapi si kucing nyelenyeh itu belum kapok. Dick dan Sally pun sepertinya lebih penasaran apa yang akan dilakukan oleh The Cat in the Hat daripada mencegah terjadi ‘kerusakan’ lebih lanjut di rumah mereka. Saya pun, rasanya kalau jadi mereka, akan lebih tertarik melihat apa yang akan dilakukan si kucing aneh itu daripada meributkan perabotan di rumah.

Melihat beberapa review teman di Goodreads, sepertinya pada sebal dengan tingkah polah si kucing. Ah, tapi buat saya tetap menarik dan menghibur, kok.

Atraksi yang dilakukan oleh si kucing memang bikin bengong dan rasanya tidak masuk akal. Begitu juga dengan kecepatan pergantian tiap peristiwa. Tapi, bukankah itulah indahnya membaca buku anak? Tidak perlu dicerna, dibaca saja. Masuk akal atau tidak, yang penting menghibur. Dan, buku ini menghibur saya.

Setidaknya, membuat saya berpikir untuk melakukan hal yang menyenangkan di dalam rumah saat hujan deras. Daripada tahu-tahu The Cat in the Hat muncul dan membuat rusuh di rumah saya.

Cheers!

Book-admirer ♥

#Untuk diikutkan Children’s Literature Reading Project dan TBRR Pile

14 thoughts on “[Book Review] The Cat in the Hat

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s