[Book Review] The Tiger Rising – Sang Harimau (+Tebak SS 2014)

PicsArt_1389876987534

Judul: The Tiger Rising – Sang Harimau

Penulis: Kate DiCamillo

Cover Illustration: Chris Sheban

Alih Bahasa: M. Raras Rumanti

Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama

Tebal: 146 hlm.

Cetakan pertama, April 2005

ISBN-13: 978-979-22-13-836

Rob Horton adalah seorang remaja tanggung yang sering menjadi korban penindasan di dalam bus sekolah. Ya, di dalam bus sekolah, sepanjang perjalanan. Dia diejek karena memiliki penyakit kulit yang entah kenapa tidak pernah berhasil disembuhkan.

Hmm..tunggu, sepertinya tidak. Dia diejek karena memang Norton dan Billy ingin mengejeknya.

Rob merasa bahwa Florida -kota tempat dia sekarang tinggal, bukanlah tempat yang tepat untuknya. Maka dari itu, saat dia mendapat kabar bahwa dia akan ‘dirumahkan’ oleh kepala sekolah, diam-diam dia malah bersyukur.

Apalagi dia sudah menemukan seekor harimau. Ya, harimau! Tidak ada yang akan percaya kalau Rob memberitahukan soal harimau itu. Lebih baik dia menyimpannya sendiri. Siapa tahu, harimau itu bisa menjadi sahabat baiknya.

Tapi, tunggu.. Bagaimana dengan Sistine? Gadis yang baru muncul itu memang memiliki sifat yang menyebalkan. Hanya saja, Rob merasa nyaman bersama dengan gadis itu.

Sistine berhasil membuat Rob perlahan demi perlahan membuka ‘kotak’ yang selalu dijaga dengan baik oleh Rob. Sistine adalah kebalikan dari Rob, tapi bersama dengan gadis itu, Rob merasa nyaman.

Persahabatan mereka membawa pengalaman baru untuk Rob. Mengamati harimau yang terkurung bersama, Rob pun mengerti bahwa seperti harimau itu, perasaannya pun terkurung.

Haruskah dia melepaskan perasaannya? Haruskah dia melepaskan harimau itu? Apakah kebebasan akan membawa kebahagiaan?

Buku ini saya dapatkan dari event Secret Santa BBI. Sejujurnya, saya belum pernah membaca buku karya Kate DiCamillo tapi saya pede saja memasukkan buku ini ke dalam wishlist. Saya memang punya buku dia yang lain, The Tale of Despereaux yang saya beli saat obral dan baru saya baca karena ada posting bareng fabel di BBI.

Membaca buku ini, saya menjadi mengerti kenapa banyak orang yang berkata bahwa karya Kate DiCamillo itu bagus. Gaya bercerita Kate yang luwes, tidak memerlukan untaian kata indah tapi membawa pembaca larut dalam cerita.

Setiap bab hanya terdiri dari beberapa halaman dan alurnya pun tidak lambat. Rapi, teratur dan pasti. Meski demikian, masih ada yang kurang, menurut saya. Masih belum membuat saya merasa harus menjadikan Kate DiCamillo sebagai penulis favorit saya. Yah, enggak penting juga, sih, jadi penulis favorit saya enggak dapet award atau hadiah juga.

Anyway, dibandingkan dengan The Tale of Despereaux, buku ini terasa lebih ‘kelam’. Mungkin karena hanya diceritakan dari satu sisi, sehingga tidak semenarik fabel yang bikin saya terkagum-kagum itu.

Karakter favorit saya adalah Sistine. Dia adalah gadis yang berani, apa-adanya, keras kepala tapi selalu berani mengatakan dan melakukan apa yang dia anggap benar.

Kalimat favorit saya berasal dari adegan saat Rob sedang berbincang dengan Sistine.

“Lalu Rob ingat nama perasaan yang mendorong ke atas dalam dirinya, memenuhi dirinya seperti akan meluap. Namanya kebahagiaan. Itulah namanya.” – hlm. 68

Collage 2014-01-24 21_07_07-1

Nah, sekarang setelah membahas tentang buku tersebut, sekarang saatnya menebak siapa sih Santa saya yang baik hati sampai memberikan saya tiga buku? Ya, masih ada dua buku lain yang harusnya sudah saya baca dan review. Tapi, maaf ya, Santa, saya hanya sempat membaca buku ini 😦 Dua buku lainnya, Double Act dan Wonder akan saya review sesegera mungkin. (AMIN!)

Sejujurnya, karena mengingat gaya riddle yang seperti cerita itu, saya langsung mengarahkan kecurigaan saya ke Kak Dewi. Walau dengan perasaan kasihan juga, kok bisa malah dua kali harus kirim kado ke saya.

Masih ingat kan, kalau Kak Dewi adalah giver baik hati yang memberikan saya tiga buku sekaligus untuk November Book Club? Hmm, sepertinya saya enggak share disini juga sih, ya. *dijitak

Berdasarkan hasutan teman-teman yang ikutan memberi kode saat saya posting riddle, saya akhirnya memutuskan berpindah kecurigaan *halah

Kalau berdasarkan bisikan teman-teman, bisa diambil petunjuk dari “Sebuah Perjalanan” yang menjadi bagian riddle yang dikirimkan.

Diambil dari inisial nama para tokoh yang tercantum di situ, saya mendapat pencerahan. Orang ini juga saya pernah tuduh tanpa alasan yang kuat sebelumnya. Habis, dia giat banget bertanya kalau buku saya sudah sampai atau belum.

Eh tapi, bete deh, gara-gaa ada “Harry”, jadinya tuh diurutin kira-kira gini:

Kolly, Ivan, Lola, Arriman, Snape, Harry, Benedict, Utukki, Klaus, winnetoU

Jadinya KILASH BUKU dong.. *headbang

Dan.. saudara Fadhilla (Kilas Buku), apakah benar Anda adalah Secret Santa saya? Atau Arif? Atau kalian berdua? *kemudian galau

Saya tunggu jawabannya, ya. Kalau benar, saya enggak nolak kok dikasih buku lagi. Kalau salah, sebagai pelipur lara, kasih saya buku dong.. *puppy eyes *ditendang

Cheers!

Book-admirer ♥

PS: Review ini sekalian untuk diikutkan dalam dua challenge berikut ini:

20140129-223343.jpg

57 thoughts on “[Book Review] The Tiger Rising – Sang Harimau (+Tebak SS 2014)

  1. udah lama cari buku ini tapi ga pernah nemu 😦
    bukunya Kate DiCamillo yang pertama saya baca adalah The Tale of Despereaux, buku kedua (setelah The Little Prince) yang bikin saya jatuh cinta sama chidlren’s literature.

    Like

    1. Iya nih, makanya sangat senang bisa dapet buku ini dari Santa yang baik hati ^^
      Cara bercerita Kate emang okay banget dan mudah dicerna. Semoga beruntung yaa untuk dapet buku ini ^^

      Like

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s