Kenapa Suka Buku Itu?

Hi there!

Sebelumnya saya sudah pernah membahas kenapa saya membeli sebuah buku ,sekarang saya akan membahas kenapa saya menyukai sebuah buku. Alasan yang mempengaruhi saya saat memberikan rating. Hal-hal yang membuat saya merasa buku tersebut sangat berkesan.

♥ Fisik buku ♥

Tentu saja, melihat buku dengan cover menarik tentu sangat menyenangkan. Apalagi kalau ukuran buku tersebut pas di tangan. Ukuran buku yang paling saya suka untuk baca adalah .. Meski demikian, tentu hal ini tidak berlaku untuk e-book 😀

♥ Penulis ♥

Beberapa kali dibahas oleh rekan blogger yang lain, bahkan di Top Ten Tuesday beberapa saat yang lalu dibahas mengenai pengarang Indonesia yang bukunya tuh “auto-buy”. Nah, saya juga demikian. Ada beberapa penulis yang bukunya auto-buy buat saya. Terbagi menjadi dua, yang langsung dibeli dan masih mikir buat dibeli. Tentunya, langsung dibeli pas ada duit blushing :

Langsung beli -> Mira W., Enid Blyton, J.R.R. Tolkien, Clara Ng, Maria A. Sardjono, Roald Dahl

Masih mikir -> Kate DiCamillo, Alberthiene Endah, Marga T.

Tertarik beli -> John Green, Lauren Oliver

Lalu, apakah saya tidak mau membaca buku dari penulis baru? Tentu saja saya mau. Cuma, cenderung berpikir jauh lebih lama saat mau beli.

Nah, tentunya dengan penulis yang ‘oke’, kecenderungan untuk suka buku tersebut bisa naik.

♥ POV ♥

Saya secara jujur lebih tertarik dengan cerita dari POV pertama. Tapi, lebih tertarik dengan POV ketiga serba tahu apabila sudah menyangkut cerita anak. Karena saya suka kalau penulis “berinteraksi” dengan pembaca. Walau, tergantung kadar dan caranya juga, sih.

♥ Ide cerita ♥

Tentu saja ini penting. Kalau ide ceritanya aja udah bikin kening berkerut, pastinya susah mau suka. Ide cerita ini, tentu bisa dilihat sekilas saat membaca sinopsis. Walau memang, sinopsis sering menipu dan bikin ekspetasi ketinggian 😛

♥ Cara bercerita ♥

Nah, ini tentu saja penting. Mengingat saya sendiri adalah pencinta buku anak, maka tidak heran kalau saya suka dengan cara bercerita dari sudut pandang orang ketiga serba tahu. Contoh: Hobbit atau An Unfortunate Event series. Saat penulis seolah berinteraksi dengan pembaca (tentu dengan cara yang smooth dan menarik), membantu saya mengerti cerita. Begitu juga saat diceritakan dari sudut pandang “aku”. Harusnya lebih mudah mengerti “maunya Aku”, dong?

♥ Konflik ♥

As a drama-queen, saya suka sekali dengan konflik yang berbelit-belit. Cuma, saya enggak suka dengan sesuatu yang mengada-ada dan tidak masuk akal. Makanya, saya agak kurang cocok baca fantasi karena memang butuh khayalan tingkat tinggi. Khayalan saya mentok di adegan cheesy buat tulisan sendiri xD Eh ya, saya juga termasuk pembaca yang egois. Enggak suka dengan kata-kata cheesy saat baca novel romance. Buat saya, kalimat cheesy itu hanya cocok buat puisi. Sedangkan untuk novel, harus adegan romantis. Karena kalau kalimat, jatuhnya gombal sih buat saya.

♥ Ending ♥

Eng ing eng! Tentu ending adalah penentu paling penting saat kita membaca sebuah buku. Tak peduli sebagaimana terharu, terhanyut, atau mungkin udah kelelep saat baca buku ini, pasti sebel kan saat dapet buku yang punya penyelesaian enggak banget? Itu juga yang saya rasakan. Saya butuh ending yang tidak harus bahagia, tapi jelas dan masuk akal. Iya, saya memang pembaca yang bawel 😛

♥ Oh-so-me! ♥

Terakhir, faktor yang berpengaruh, secara sadar atau tidak adalah faktor ini. Sering kali buku yang menurut orang lain biasa saja, bisa mengena sekali buat saya. Berasa, “Aduh, pernah banget ngalamin gini, nih. Waktu …” Lalu jadi sentimentil dan berasa kalau penulis mencuri baca blog atau diary. …Enggak deh, itu saya aja yang lebay xD

Secara garis besar, faktor-faktor di atas yang telah mempengaruhi saya untuk menikmati sebuah buku. Tentu ada hal lain seperti mood, book hangover atau mungkin patah hati *keselek yang mempengaruhi pendapat saya saat sedang atau setelah membaca buku.

Kalau kamu, apa yang mempengaruhi penilaian kamu saat membaca buku?

Cheers!

book-admirer signature-1

2 thoughts on “Kenapa Suka Buku Itu?

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s