A Series of Unfortunate Events #1; Bad Beginning

The Bad Beginning

Title: The Bad Beginning (An Unfortunate Event #1)

Author: Lemony Snicket (pen name of Daniel Handler)

Illustration: Brett Helquist

Publication date: September 30th, 1999

Language: English

Genre: Children fiction, Adventure

Rec. age to read: Above 12 y.o

Book blurb:

Dear Reader, I’m sorry to say that the book you are holding in your hands is extremely unpleasant. It tells an unhappy tale about three very unlucky children. Even though they are charming and clever, the Baudelaire siblings lead lives filled with misery and woe. From the very first page of this book when the children are at the beach and receive terrible news, continuing on through the entire story, disaster lurks at their heels. One might say they are magnets for misfortune. In this short book alone, the three youngsters encounter a greedy and repulsive villain, itchy clothing, a disastrous fire, a plot to steal their fortune, and cold porridge for breakfast. It is my sad duty to write down these unpleasant tales, but there is nothing stopping you from putting this book down at once and reading something happy, if you prefer that sort of thing. With all due respect, Lemony Snicket


Semua berawal dari sebuah peristiwa yang sederhana. Baudelaire bersaudara sedang menikmati kebersamaan mereka di pantai yang hening saat Mr. Poe muncul, membawa berita yang sederhana tapi sangat sulit diterima.

Telah terjadi kebakaran yang hebat di rumah mereka. Tidak ada yang bisa diselamatkan, termasuk kedua orang tua mereka.

Kehilangan orang yang kita sayang adalah hal yang sangat mengerikan. Apalagi saat kita hanya bisa mengenang dalam ingatan. Tak ada benda yang tertinggal sebagai kenangan.

Dalam sekejap, mereka yang tadinya hidup berkecukupan (bahkan berlimpah) tidak lagi punya apa-apa. Tidak ada rumah, makanan, pakaian, termasuk uang.

Orang tua mereka memang memiliki simpanan di bank yang nantinya bisa digunakan, setelah Violet (anak yang paling tua) sudah cukup umur. Selagi menunggu waktu itu tiba, mereka harus tinggal bersama dengan kerabat mereka. Itu adalah bagian dari wasiat orang tua Baudelaire bersaudara.

Mr. Poe, sebagai penasihat keuangan keluarga Baudelaire, membawa Violet, Klaus dan Sunny untuk tinggal bersama Count Olaf. Alasannya, Count Olaf adalah kerabat mereka yang tinggal cukup dekat dengan tempat tinggal mereka sebelumnya.

Saya sangat yakin bahwa alasan orang tua Baudelaire bersaudara membuat wasiat agar mereka tinggal dengan kerabat terdekat untuk hal yang baik. Sayangnya, Count Olaf bukanlah orang yang baik. Dia memperlakukan Violet, Klaus dan Sunny dengan sangat buruk.

Untunglah, ketiga anak ini sangatlah tabah dan memiliki daya juang yang tinggi.

Violet, si sulung yang penuh tanggung jawab, berusaha sebaik mungkin agar adik-adiknya bisa senyaman mungkin. Saat ada bahaya, ia pun memutar otaknya dan memanfaatkan kesenangannya terhadap perakitan barang untuk memecahkan masalah.

Klaus, satu-satunya lelaki di keluarga, gemar membaca buku dan sangatlah cermat dalam mengamati sesuatu. Ia memiliki daya ingat yang kuat sehingga bisa diandalkan untuk mengumpulkan informasi yang dibutuhkan secara cepat dan tepat.

Sunny, yang paling muda, masih belum dapat banyak menolong. Tapi dengan kesenangannya mengunyah, ia selalu berusaha membantu saudaranya sebaik mungkin.

Buku ini adalah awal dari seri yang panjangnya minta ampun, ada 13 judul sampai akhirnya “The End”. Sampai dengan saat ini saya masih berusaha melengkapi ke-13 judul dalam seri ini. Penginnya sih dalam bahasa Inggris dan diskon *banyak mau *ditendang

Kalau saya boleh jujur, buku pertama adalah buku yang paling saya kurang suka dari seri ini. Jadi, saya sedikit malas-malasan buat baca ulang. Mungkin karena di sini belum ada keterikatan emosional dengan karakter Violet, Klaus dan Sunny. Tapi, buku ini juga yang membuat saya tertarik untuk meneruskan baca buku selanjutnya yang ternyata malah ketagihan.

Pada akhirnya, saya hanya bisa memberikan ♥♥♥ untuk buku ini.

RATING3

Fun fact

Judul dari setiap bagian di seri ini terdiri dari 2 kata dengan inisial yang sama, kecuali di nomor terakhir:

  • #1 The Bad Beginning
  • #2 The Reptile Room
  • #3 The Wide Window
  • #4 The Miserable Mill
  • #5 The Austere Academy
  • #6 The Ersatz Elevator
  • #7 The Vile Village
  • #8 The Hostile Hospital
  • #9 The Carnivorous Carnival
  • #10 The Slippery Slope
  • #11 The Grim Grotto
  • #12 The Penultimate Peril
  • #13 The End

Jadi, apa ada yang berminat melengkapi koleksi saya? XD

Cheers!

book-admirer.com

*Submitted for Lucky no. 15 Reading Challenge (Super Series)

2 thoughts on “A Series of Unfortunate Events #1; Bad Beginning

  1. Pingback: Lucky No. 15 Reading Challenge | Book-admirer

  2. Pingback: 2015: My Year in Books | Book-admirer

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s