[Booktour] Irish

Title : Irish

Author : Kamal Agusta

Editor: Diara Oso

Publisher: de Teens (Diva Press Group)

Paperback, 220 pages

First edition, first published on Mei 2017

ISBN: 9786023914050

Language: Indonesian

Genre: Young Adult

Rec. age to read: above 12 y.o

Source: booktour with Diva Press

Started reading on: May 12, 2017

Finished reading on: May 12, 2017

Price: Rp 48.000

Submitted for “BBI Read and Review Challenge 2017, Category: Name in A Book”

Klub musik sekolah terancam dibubarkan kalau Irish tidak bisa menunjukkan kalau klub itu punya prestasi. Irish pusing. Lebih pusing lagi ketika Bu Dewi memintanya untuk mengajak Alvaro bergabung.

Alvaro itu cowok belagu, troublemaker, suka bolos dan tidur di bawah pohon belakang sekolah.

Tapi… kata Bu Dewi, Alvaro bisa menyelamatkan klub musik. Irish mengalah. Lalu, diiringi denting piano, petikan gitar, dan harmoni nada alat musik, sekelompok anak SMA berjuang demi klub yang mereka cintai.

Irish pusing bukan main saat mendengar kabar rencana penghapusan ekskul yang dianggap tidak memiliki prestasi di sekolahnya. Klub musik yang dipimpinnya bisa terancam dibubarkan. Keputusan akan diambil dalam waktu tiga bulan.

Teman-teman Irish sempat membujuk Irish agar minta bantuan Naufal, sang Ketua OSIS yang juga teman baik Irish. Sayangnya tentu saja Naufal harus bersikap netral, hal yang masih bisa dimengerti oleh Irish.

Kemudian salah satu anggota klub musik, Agung, memberi usul untuk ikut kompetisi musik tingkat provinsi. Tentu saja anggota lain meragukan kesiapan dan kemampuan mereka. Tapi Agung meyakinkan bahwa mereka harus ikut itu karena hanya itu kompetisi yang cocok waktunya.

Akhirnya mereka bersepakat untuk ikut kompetisi tersebut. Bu Dewi, pembimbing ekskul mereka, meyakinkan mereka untuk merekrut Alvaro, murid yang baru pindah sekitar satu bulan ke sekolah mereka. Sebelumnya Bu Dewi sudah menyampaikan ke Irish, yang sudah berusaha juga untuk mengajak Alvaro yang langsung ditolak mentah-mentah.

Pertemuan pertama Irish dan Alvaro pun bisa dibilang tidak menyenangkan. Karena kesalahpahaman, Irish jengkel bukan main pada Alvaro.

Tapi pada akhirnya, lewat rangkaian peristiwa mereka saling mengenal satu sama lain. Irish dengan kegigihannya untuk mempertahankan klub musik karena ia sangat menyukai musik serta teman-temannya yang ikut berjuang bersama. Alvaro yang menyimpan luka, yang menghindari musik karena kenangan pahit.

Diceritakan dari sudut pandang orang ketiga, bikin kita bisa mengerti pemikiran dan juga masalah yang dialami masing-masing tokoh.

Kita bisa melihat kegigihan Irish, kemarahan Alvaro, kecemburuan Naufal ehm, kesedihan Harsa (papa Alvaro), dan juga beberapa tokoh lain seperti Bu Dewi, yang ternyata adalah tante Alvaro.

Menjelang penutup, buku ini lumayan bikin berkaca-kaca. Untunglah berakhir bahagia sehingga saya gak bete, hahaha

Buku ini saya selesaikan dalam sekali duduk. Ceritanya enak banget buat diikutin. Khas cerita remaja yang bikin saya ngerasa muda lagi *halah

Walau, sejujurnya, saya kesel banget sama Alvaro yang egois dan keras kepala. Kalau saya jadi Irish sih, saya gak yakin bisa sabar menghadapinya. Untung saja ada Naufal yang siap menjadi sandaran hati *ehem



Dan, selanjutnya, kalau kalian mengikuti saya di Instagram @bookadmirer_ tentu tahu kalau buku ini saya dapat dari booktour.

Saya sudah cantumkan juga sih, di identitas buku. Nah, thanks to Penerbit Diva, satu orang yang beruntung akan mendapatkan “Irish” lho!

Kalian yang kemarin belum beruntung, masih bisa ikutan lagi lho di sini.



Penasaran gimana caranya? Gak ribet, kok!

  1. Peserta wajib memiliki alamat pengiriman di Indonesia
  2. Follow Twitter @bookadmirer_ dan @divapress01
  3. Like Facebook Penerbit DIVA Press
  4. Bagikan postingan giveaway ini di akun sosial media kamu (maksimal 1x tweet/share per hari ya ^^ )
  5. Tinggalkan komentar di bawah ini dengan mencantumkan: Nama, Email, Akun Twitter, Akun Facebook, dan alasan kamu mau membaca buku ini
  6. Periode giveaway: 15-21 Mei 2017 (berakhir pukul 23.59)

Ditunggu partisipasinya, ya! Selamat bersenang-senang 😉
Cheers!

Zelie ❤

21 thoughts on “[Booktour] Irish

  1. Nama: Rizki Fitriani
    email: kikiryeo@gmail.com
    twitter: @Kikii_Rye
    fb: Kiki Ryeo

    alasanku, pertama, karena musik. yeah, music is my life. aku selalu tetarik sama hal hal yang menyangkut musik. kedua, hei! ini cerita remaja yang mana selalu membuat aku gak pernah lelah membacanya, selain menghibur juga utk bernostalgia. aku penasaran sama kisah Alvaro yang menyimpan luka, membuatnya menjauhi musik. dan yang terakhir adalah bagaimana eksekusi cerita ini berjalan… aku nggak pernah bosan baca cerita ttg kisah remaja, membuatku semangat utk mereview..
    dan semoga saja Irish bisa menjadi buku pertama daei Penerbit Diva Press yg aku punya 😀

    Like

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s